Vimanews.id-Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal sepanjang Januari sampai November 2023, telah melayani sebanyak 665 pengaduan konsumen.
Kepala Kantor OJK Tegal Novianto Utomo menyampaikan pihaknya menerima pengaduan walk in sebanyak 475 konsumen yang diajukan secara langsung ke kantor.
Kemudian pengaduan ke OJK melalui telpon sejumlah 111 konsumen, surat secara tembusan dan asli 60 aduan dan melalui APPK sebanyak 19.
Baca Juga: Wartawan se-Karesidenan Pekalongan Ikuti FGD Journalist 2023 Kantor OJK Tegal
"Layanan lain yang diberikan OJK Tegal termasuk layanan permintaan Informasi Debitur (IDEB) SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) baik secara online maupun offline," jelas Novi kepada awak media dalam FGD, Rabu (29/11/2023) lalu.
SLIK OJK adalah catatan informasi terkait riwayat debitur atau lembaga keuangan lain yang berisi lancar atau tidaknya pembayaran kredit
Permintaan SLIK secara online dapat diakses melalui www.idebku.ojk.go.id dan secara offline (walk in) dapat datang langsung ke Kantor OJK Tegal pada hari dan jam kerja dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan.
Dari data layanan konsumen SLIK di bulan Januari-November 2023 yang telah disajikan memiliki prosentase pada layanan SLIK online sebesar 86 persen dan layanan SLIK Walk-in sebesar 14 persen.
Hal lain terkait dengan komunikasi publik OJK Tegal juga turut didukung oleh peran aktif pers dan media sosial yang memberikan kontribusi positif dalam pelaksanaan edukasi serta publikasi kegiatan OJK.
Dari data jumlah komunikasi publik OJK Tegal per Januari-november 2023, telah melakukan publikasi melalui media yang didukung oleh working group media sebanyak 41 kegiatan.
Baca Juga: OJK Lakukan Pengawasan Khusus 12 Perusahaan Dana Pensiun
Kemudian kegiatan yang dipublikasikan melalui media sosial instagram sejumlah 157 postingan serta memiliki jangkauan pada media sosial sebesar 95.548 pengguna Instagram.